Oleh: admin | 1 September 2009

Indahnya Pulau Jemur di Provinsi Riau

Pulau Jemur Milik Indonesia Bukan Malaysia

pulau jemurPantai Pulau Jemur Indonesia

Pulau Jemur adalah sebuah pulau milik Indonesia. Pulau ini terletak di Selat Malaka, dekat dengan perbatasan Malaysia. Pulau Jemur termasuk dalam wilayah administratif Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, Indonesia. Letaknya sekitar 72,4 km dari Bagan Siapi-api dan 64,3 km dari Pelabuhan Klang di Malaysia. Pulau Jemur merupakan pulau terluas (2,5 ha) yang berada dalam gugusan Kepulauan Arwah yangterdiri dari 9 pulau. Pulau lainnya seperti Tokong Emas, Tokong Simbang dan Labuhan Bilik.

Kini, Sejumlah laman internet mencantumkan Pulau Jemur di Provinsi Riau sebagai bagian dari daerah tujuan pariwisata Negeri Selangor, Malaysia. Informasi mengenai penawaran Pulau Jemur sebagai daerah tujuan wisata tersebut dapat diakses di sejumlah situs pariwisata Travel Journal dan laman Osvaja.net yang menyebutkan bahwa Pulau Jemur sebagai destinasi wisata Negara Bagian Selangor, Malaysia.

Perkenalan saya dengan pulau jemur terjadi di dunia maya pada penghujung bulan April 2009 silam ketika saya ikut serta menuliskan sejumlah pulau di Indonesia dalam Wikipedia Indonesia; ensiklopedia online. Memang, saat itu, tidak terlalu banyak yang dapat saya gali tentang pulau yang secara astronomi berada di titik kordinat 2.52’.10” LU dan 100.34’ BT. Tidak mengherankan, karena tidak sedikit pulau-pulau di Indonesia yang bernasib sama, bahkan lebih parah; tidak dikenal.

Pulau Jemur terkenal dengan panorama alam seperti pantai berpasir putih dan sebagai salah satu tempat tujuan bertelurnya penyu hijau. Perairan di sekitar pulau ini terkenal sebagai daerah penghasil ikan yang kaya dengan terumbu karang.

Selain itu Pulau Jemur juga mempunyai nilai historis lantaran selama Perang Dunia II, Jepang membangun pertahanan di pulau ini. Sisa-sisa peninggalan Jepang di Pulau Jemur di antaranya adalah Goa Jepang dan menara suar peninggalan Jepang. Juga terdapat Batu Panglima Layar.

Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan bagi nelayan yang sedang melaut. Sebuah pos TNI-AL didirikan di pulau ini untuk kepentingan pengamatan dan navigasi..

Sumber :  Alamendah.wordpress.com


Responses

  1. mari kita jaga pulau indah ini dengan mempromosikannya deng blog seperti ini,
    salam
    tetap semangat, tulislah terus penuh warna, bagi kemajuan negara kita Indonesia yang raya

  2. Wah…ini ya Pulau yang diklaim Malaysia 🙂

  3. TERLALU HINA & NISTA BAHKAN BIADAAAB…..BANGSA SEPERTI MALAYSIA……
    HANYA BISA MENCAPLOK AND MENJIPLAK MILIK KARYA BANGSA”KU”
    HEEEIIII PETINGGI NEGERIKU INDONESIA,,,,,INGATLAH “SUMPAH PALAPA”
    TIDAK BARANG SEJENGKALPUN TANAH PUSAKA WARISAN INI YANG TELAH DIPERJUANGKAN DENGAN BERSIMBAH DARAH OLEH PAHLAWAN2 KITA…… DICURI BANGSA MALING SEPERTI MALAYSIA……….
    RIBUAN BAHKAN JUTAAN PEMUDA2 INDONESIA ,,,,SIAAAAAAP MAAAATI…!!!
    MEMBELA SETIAP JENGKAL TANAH PUSAKA YANG TERBENTANG DARI SABANG SAMPAI MERAUKE YG DI DALAMNYA TERDAPAT PULAU2 TERLUAR KITA SEPERTI “PULAU JEMUR” INI…!!!
    GANYAAAAAAAAAAAAAAANG GANYAAAAAAANG GANYAAAANG BANGSA PENCURI… MALING BAIDAB SEPERTI BANGSAT MALAYSIA INI…….!!!!!!!!

  4. PEMERINTAH KITA HRS SESEGERA MUNGKIN MEMBERI “TANDA DISETIAP PULAU TERLUAR” KITA,SEHINGGA TDK TERJD PENGAKUAN KRN KEMIRIPAN NAMA SEPERTI PUALU JEMUR MILIK INDONESIA & PUALU JEMOR MILIK MALAYSIA,…..INI BAGAIKAN DAGELAN KONYOL PERMAINAN ANAK KECIL….NAMUN BILA TDK DISIASATI BKN TDK MUNGKIN SIASATNYA MALAYSIA AKAN BERBUNTUT SPERTI KITA PERNAH KEHILANGAN “SIPADAN & LIKITAN …..!!!

  5. salam, senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, posting yang bagus🙂 … salam kenal yee


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: